5 Cara Ampuh Mencapai Skor 8.0 di IELTS Listening

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Tes Listening dikenal sebagai salah satu section IELTS termudah di samping Reading. Namun, tak sedikit yang merasa kesulitan mendapat skor 8.0 di section ini. Selain karena faktor keterbiasaan, biasanya orang-orang tidak punya strategi yang tepat untuk menjawab soal secara efektif. 

Jika kamu merasa section Listening cukup menantang, baca 8 tips di bawah ini untuk memaksimalkan band score sekaligus mengasah skill listening di kehidupan sehari-hari.   

  1. Mendengar bahasa Inggris setiap hari

Ketika kita ingin menguasai suatu bahasa, terkadang kita harus menempuh cara paling dasar, yaitu mengekspos setiap aspek kehidupan kita dengan bahasa tersebut. Jika kamu ingin mengasah skill Listening, maka kamu harus terbiasa mendengar bahasa Inggris setiap hari. 

Ada banyak recourses yang bisa kamu akses untuk mendengar bahasa Inggris secara gratis. Mulai dari podcast, TED Talk, hingga video Tiktok. Tonton dan dengar semua konten ini ketika kamu lagi mengantri kasir, menjelang tidur, saat masak, mencuci, dan kegiatan apapun. 

Kamu akan kaget sendiri, setelah terekspos bahasa Inggris secara intens, latihan soal Listening IELTS akan terasa sangat mudah. 

 

  1. Mendengar secara aktif

Jika kamu mendengar sesuatu yang tidak kamu pahami, jangan biarkan begitu saja. Buka kamus atau Google Translate, dan cari maknanya. Ini adalah metode mendengar secara aktif (active listening). 

Dengan mendengar aktif, kamu bisa meningkatkan skill spelling, grammar, sekaligus memperluas vocabulary range. Hal ini akan sangat berguna dalam tes IELTS.

 

  1. Punya strategi untuk setiap jenis pertanyaan

Ada banyak jenis pertanyaan dalam IELTS Listening. Masing-masing jenis pertanyaan membutuhkan jenis skill dan strategi yang berbeda pula. Oleh karena itu, penting untuk memahami strategi untuk setiap jenis pertanyaan. 

Untuk mengetahui lebih dalam tentang strategi detilnya, kamu bisa mengunjungi link berikut ini: 

Summary Completion Strategy

Form Filling Strategy

Multiple Choice Questions Strategy

Labelling a Map or Plan

 

  1. Menjaga fokus

Salah satu kesulitan terbesar peserta IELTS dalam section Listening adalah cepat kehilangan fokus. Hal ini normal terjadi, karena biasanya topik yang diperdengarkan dalam section ini cukup membosankan dan tidak selalu sesuai sama topik favorit kita.

Ketika kamu hilang fokus beberapa detik saja, kamu bisa kehilangan 1 poin nilai.  Karena itu, penting untuk menjaga konsentrasi sepanjang audio berjalan. 

Salah satu cara ampuh yang bisa kamu coba adalah dengan menaikkan volume audio sampai batas maksimal untuk bikin kamu terjaga. Sebelum tes, jangan terlalu sering menonton konten-konten durasi pendek yang bikin attention span pendek. Lalu, jaga kesehatan tubuhmu dengan olahraga, konsumsi makanan sehat dan minum air putih agar pikiranmu fresh ketika masuk ruang tes. 

 

  1. Evaluasi

Pengalaman adalah guru terbaik.” Ya, kutipan ini cocok untuk kita aplikasikan dalam tes IELTS. Setiap kali kamu melakukan kesalahan saat latihan tes, refleksikan dan evaluasi kesalahan itu dan cari solusinya agar hal itu tak terjadi lagi. 

Cara terbaik untuk mengevaluasi adalah mencatat kesalahan, seperti kata-kata yang misspell, mispronounce atau mishear.

Dengan mencatat, kamu bisa melihat pola kelemahanmu dan menghindari kesalahan yang bikin skormu rendah. 

Selain mengikuti 5 tips ini, kamu juga bisa mengoptimalkan skor IELTS-mu dengan bimbingan tutor profesional dari IELTSpresso lho! Yuk ikuti IELTS Live Class di sini:

IELTS Live Class atau IELTS Bundling Test

Jangan lupa pantau terus informasi terupdate seputar beasiswa, IELTS, dan study abroad di Blog IELTSpresso! Kamu juga bisa cus ke Instagram dan TikTok IELTSpresso!

Artikel Terbaru Lainnya

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support kami siap membantu kamu!
👋 Halo, Jangan ragu bertanya ya