Tips Hidup Hemat di Australia, Panduan buat Mahasiswa Indonesia!

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Australia merupakan salah satu negara favorit para diaspora Indonesia untuk menempuh pendidikan tinggi. Selain karena jarak yang relatif dekat dengan Indonesia, negara ini juga punya banyak universitas yang menempati ranking top dunia.

Namun, Australia juga terkenal sebagai negara berbiaya hidup tinggi. Maka sebagai mahasiswa, kamu perlu tahu strategi mengatur keuangan biar bisa hidup hemat di Negeri Kangguru ini.  

Biasanya, pengeluaran terbesar mahasiswa asing di luar negeri, termasuk Australia, adalah kebutuhan sehari-hari (groceries) dan transportasi. Jadi, penting untuk mengetahui bagaimana cara menekan biaya untuk dua kebutuhan ini. Dilansir dari Bima Aryuna, mahasiswa The University of Western Australia dari www.indonesiamengglobal.com, ini dia tips dan trik yang bisa kamu terapkan saat tinggal di Australia!

Tips Berbelanja di Supermarket Australia 

Kalau di Indonesia ada Carrefour dan Lotte Mart, Australia punya Coles, Woolsworth (Woolies), ALDI, dan IGA. Ini adalah supermarket big brands terkenal yang bisa diakses di banyak tempat. Namun, masing-masing supermarket ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Pertama, IGA dikenal dengan harga groceries cenderung lebih mahal, namun lokasinya lebih strategis, misalnya di dekat kampus. Kedua, ALDI dikenal memiliki harga termurah, namun lokasi kurang strategis dengan pusat kota dan produk kurang lengkap. Ketiga, Coles dan Woolies adalah dua supermarket yang paling mudah diakses karena jumlah cabang yang cukup tersebar, serta produk beragam meski bukan dengan harga termurah. 

Nah, untuk menghemat biaya perbelanjaan, harga produk dan jarak supermarket dengan tempat tinggalmu harus menjadi bahan pertimbangan. Jika lokasi kosan-mu lebih dekat dengan salah satu supermarket di atas, maka bisa jadi biaya pengeluaran akan lebih rendah meski harga produknya sedikit lebih mahal. 

Selain itu, kamu juga bisa berburu promo ½ harga di keempat supermarket ini. Biasanya, promo diberlakukan untuk produk rumah tangga, kebersihan, makanan, dan minuman. Kamu bisa memeriksa info promo ½ harga di website supermarket setiap minggunya. Misalnya, minggu ini ada diskon untuk alat kebersihan, lalu minggu setelahnya untuk makanan. Jadi, jangan sampai terlewat infonya ya! 

Selain big brands supermarket di atas, kamu bisa menemukan harga sayur-sayuran dan buah-buahan yang lebih murah di Asian Supermarket. Plusnya, di tempat ini kamu dapat mengobati rasa rindu dengan makanan, bumbu, dan produk khas Indonesia, seperti Indomie, Teh Botol, hingga Tolak Angin. 

 

Tips Transportasi Hemat di Australia 

FYI, semua wilayah Australia punya transportasi umum yang dikelola pemerintah. Di Perth, transportasi umum tersebut bernama Transperth yang terdiri dari bus, kereta, dan kapal feri. Untuk memakai fasilitas ini, kamu harus membeli tiket, salah satunya dengan SmartRider (e-wallet). Untuk mahasiswa, harga tiket via SmartRider akan lebih murah dengan harga khusus Concession (potongan untuk mahasiswa). 

Selain pakai SmartRider, kamu juga bisa memanfaatkan bus gratis. Misalnya di Perth, bus gratis tersebut (CAT buses) beroperasi di sekitar pusat kota Perth dan Joondalup. 

Lalu ada juga fasilitas bernama Free Transit Zone, yaitu kawasan khusus yang bisa kamu kunjungi tanpa mengeluarkan ongkos sama sekali, dengan syarat kamu naik dan turun di kawasan tersebut.

Selanjutnya ada Every Sunday Free, yaitu penawaran transportasi umum gratis khusus di hari Minggu. Kamu bisa pergi ke mana saja tanpa merogok kocek, meski harus tetap membawa SmartRider (tanpa ada potongan saldo).

Pemerintah Australia juga terkadang memberikan subsidi transportasi dalam periode tertentu. Misalnya tahun 2023 lalu, pemerintah Australia Barat menggratiskan transportasi umum selama sekitar 1 bulan. Jadi, jangan lupa cek informasinya di masing-masing situs transportasi, misalnya Adelaide Metro di Australia Selatan atau Opal di New South Wales.

 

Rekomendasi Beasiswa Kuliah di Australia

Pengen kuliah di Australia gratis dengan beasiswa? Kamu bisa mendaftar 4 beasiswa di bawah ini, lho!

  1. Australia Awards Scholarships (AAS)

Jadwal pendaftaran: perkiraan Februari – awal Mei setiap tahunnya.

  1. Beasiswa Indonesia Maju (BIM)

Jadwal pendaftaran: perkiraan sebelum tanggal 31 Mei setiap tahunnya. 

  1. Monash International Leadership Scholarship

Jadwal pendaftaran: perkiraan sebelum tanggal 30 Juni setiap tahunnya.

  1. Beasiswa KC Kuok Scholarship

Jadwal pendaftaran: perkiraan sebelum bulan Juli setiap tahunnya.

Nah itu dia tips lengkap untuk hidup hemat di Australia, sekaligus daftar beasiswa yang bisa kamu pilih! Jika kamu butuh mentor untuk membimbing kamu dalam perjalanan mendapatkan beasiswa kuliah di Australia, kamu bisa ikuti program scholarship mentoring IELTSpresso berikut ini:

Scholarship Mentoring

Sobat IELTSpresso yang ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, kamu bisa ikut IELTS Live Class bareng tutor-tutor IELTS yang sudah berpengalaman. Cek kelas persiapannya di sini:

IELTS Live Class atau IELTS Bundling Test

Jangan lupa pantau terus informasi terupdate seputar beasiswa, IELTS, dan study abroad di Blog IELTSpresso! Kamu juga bisa cus ke Instagram dan TikTok IELTSpresso!

Sumber:  www.indonesiamengglobal.com, https://www.hotcourses.co.id/ 

 

Artikel Terbaru Lainnya

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support kami siap membantu kamu!
👋 Halo, Jangan ragu bertanya ya