Tips & Metode Lengkap Parafrase untuk IELTS Writing

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Apakah kamu butuh skor IELTS >7.0 untuk section Writing? Salah satu aspek penting untuk mencapai skor tersebut adalah parafrase, yaitu metode menulis ulang sebuah kalimat dengan makna yang sama. Jika kamu bisa menguasai skill parafrase, kamu bisa memaksimalkan kualitas essay di IELTS hingga mencapai skor yang kamu butuhkan.

Meski banyak orang yang kesulitan menguasai skill parafrase, kemampuan ini sebenarnya bisa diasah jika kamu rajin latihan dan mengetahui beberapa trik penting. Apa saja trik tersebut? Yuk baca lebih lanjut! 


Menggunakan Sinonim 

Sinonim adalah kata yang berbeda, namun memiliki arti yang sama. Contohnya, ‘humans’ adalah sinonim dari ‘people’. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk mengubah kata-kata tertentu sehingga menghasilkan kalimat yang baru. Contohnya: 

My car needs petrol

👇

 My vehicle requires fuel.

Dalam kalimat ini, terdapat 3 dari 4 kata yang diganti, namun maknanya sama sekali tidak berubah. Ini adalah metode yang sangat umum dilakukan para kandidat IELTS, tapi kamu perlu berhati-hati. Jangan sampai  asal mengganti kata jika kamu tidak yakin apakah maknanya 100% sama. 

Violent crime is on the rise among teenagers 

👇

Violent offences are rising among young people.

Misalnya dalam kalimat di atas, ‘teenagers’ diganti menjadi ‘young people’. Meski maknanya tampak sama, ‘young people’ sebenarnya mendefinisikan orang-orang berumur 18-30, termasuk anak kecil dan orang dewasa. Oleh karena itu, sinonim paling tepat dari ‘teenagers’ adalah ‘adolescents’ atau ‘young people between the ages of 13-19.’

 

Mengubah Susunan Kata 

Trik kedua dalam parafrase adalah mengubah susunan kata sehingga menjadi kalimat yang baru. Saat melakukan metode ini, pastikan tidak ada masalah secara grammar ya!

Cara pertama adalah membolak-balikkan susunan clause (kalimat yang berisi subject + predicate) jika di kalimat asal ada lebih dari 1 clause. Misalnya: 

“As languages such as Spanish, Chinese and English become more widely used, there is a fear that many minority languages may die out.”

👇

“There is a fear that many minority languages may die out, as languages such as Spanish, Chinese and English become more widely used.”

Cara kedua adalah mengubah susunan kata sekaligus menambahkan sinonim. 

“As languages such as Spanish, Chinese and English become more widely used, there is a fear that many minority languages may die out.”

👇

 “There is dismay that many lesser-used languages may pass away as languages such as Chinese, English and Spanish become more broadly spoken.”

Cara ketiga adalah mengubah susunan kata jika ada adjective atau noun di kalimat asal. Kamu bisa mengubah adjective ke relative clause. Misalnya: 

“Learning to manage money is one of the key aspects of adult life.”

👇

“Learning to manage money is a key aspect of adult life.”

 

Mengubah Bentuk/Jenis Kata 

Dalam bahasa Inggris ada banyak bentuk atau jenis kata, seperti nouns, verbs, adjectives and adverbs. Nah, kamu bisa coba mengubah jenis kata, misalnya dari nouns menjadi verbs. Contohnya sebagai berikut: 

“Longer life spans and improvements in the health of older people suggest that people over the age of sixty-five can continue to live full and active lives.”

👇

 “Longer life spans and improvements in the health of older people are suggesting that people over the age of sixty-five can continue living full and active lives.”

 

Mengubah Kalimat Aktif ke Pasif 

Dalam essay akademik bahasa Inggris, kalimat pasif sering digunakan. Oleh karena itu, kamu bisa mengubah kalimat-kalimat aktif di IELTS academic writing ke kalimat pasif. Kuncinya adalah memperhatikan semua kata verbs + object untuk diubah ke form pasif. Begini contohnya;

“The property developers invested $20 million in the development of the shopping centre.” (aktif)

👇

“$20 million was invested in the development of shopping centres.” (pasif)

 

Gimana, apakah kamu sudah siap latihan parafrase untuk meningkatkan skor writing? Jika kamu butuh tutor untuk membimbing kamu dalam perjalanan mendapatkan skor impian di tes IELTS, cus join IELTS Live Class bareng tutor-tutor IELTS berpengalaman! Cek kelas persiapannya di sini:

IELTS Live Class atau IELTS Bundling Test

Jangan lupa pantau terus informasi terupdate seputar beasiswa, IELTS, dan study abroad di Blog IELTSpresso! Kamu juga bisa cus ke Instagram dan TikTok IELTSpresso!

Sumber: https://www.ieltsadvantage.com/ 

Artikel Terbaru Lainnya

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support kami siap membantu kamu!
👋 Halo, Jangan ragu bertanya ya