Cara Ampuh Kurangi Nervous Saat Ujian IELTS

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on whatsapp

Setiap kita melakukan sesuatu di depan seseorang atau banyak orang, kalau belum terbiasa pasti akan merasa nervous, contohnya saat melakukan presentasi dan mengajar di kelas. Nggak cuman itu, ternyata kita juga bisa nervous saat ujian, contohnya ujian IELTS. Padahal, kalau kita nervous, kemungkinan materi-materi yang udah kita siapkan seketika bisa lupa dan bikin buntu saat mengerjakan tes ini. Wah, jangan sampe ya, Sob😱

Maka dari itu, penting banget buat nggak cuman persiapan secara materi aja, tapi juga persiapan mental agar kita bisa mengurangi rasa nervous ini. Mungkin, nggak bisa menghilangkan rasa nervous seutuhnya, tapi at least nggak bikin kita jadi nge-freeze atau  bingung buat menjawab apa. Karena, disaat kita nervous atau bahkan nge-freeze ini, waktu ujian tetap berjalan. Padahal, kalau kita nggak bisa mengoptimalkan waktu saat ujian, kita akan kewalahan untuk menjawab tesnya karena habis untuk menenangkan rasa nervous ini. 

Nah, MinSo sudah merangkum cara bagaimana mengurangi rasa nervous saat ujian IELTS, biar nggak nge-blank atau nge-freeze.

Have a good mood dan relax sebelum tes

Seperti hakikat good mood, kalau kita mood-nya baik pasti apa yang kita kerjakan bisa maksimal, termasuk saat tes IELTS. Mood yang terjaga dengan baik nggak cuman membantu buat mengurangi nervousness atau rasa gugup seperti, as what mentioned before, nge-blank atau nge-freeze tapi juga akan berdampak terhadap titik fokusmu saat ujian nanti. Semakin kamu memiliki good mood, even when you’re on test, kamu akan menjalani tes tersebut dengan bersungguh-sungguh. Anyway, cara setiap orang untuk memiliki good mood berbeda-beda. Ada yang konsumsi makanan manis seperti cake, minum minuman manis, nonton YouTube, dan bahkan melakukan kegiatan yang healthy ways seperti konsumsi sayur dan/atau olahraga sebelum ujian. 

Optimalkan waktu istirahat (tidur) sebelum test day

Sama halnya seperti good mood, memaksimalkan jam istirahat akan sangat berpengaruh buat tingkat fokus saat ujian nanti. Nah, waktu istirahat yang cukup ini juga menjadi salah satu cara bagi beberapa orang buat dapetin good mood tadi. Karena saat kondisi tubuh sudah ter-charge dengan baik, pastinya bisa menjalani hari dengan enjoy. Bahkan, dilansir dari website Office of Disease Prevention and Health Promotion, memiliki waktu istirahat atau tidur yang cukup dapat mengurangi stress dan improve your mood, think more clearly, hingga menurunkan risiko penyakit serius seperti diabetes dan penyakit jantung. So, jangan begadang belajar IELTS-nya ya!

Selain good mood, make sure you’re in a healthy condition

Indeed, a healthy condition gives a lot of benefits. Karena dengan kondisi tubuh yang sehat, kamu bisa menjalani hari dengan maksimal tanpa rasa yang “mengganggu” seperti stres, kelelahan, dan nggak enak badan. Banyak yang bisa kamu lakukan agar mendapat kondisi tubuh yang sehat, seperti: minum air putih yang cukup (ini tergantung dengan kebutuhan juga, tapi commonly sebanyak 2 L per hari ya), mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur, sempatkan buat berolahraga dan termasuk memiliki waktu istirahat atau tidur yang baik. Ingat selalu bahwa, mungkin kamu nggak merasakan dampaknya sekarang, tapi alangkah lebih baik buat prevents dari sedini mungkin. Yuk, kita upayakan hidup sehat! 

Try to have a positive mind that you will got a good score

Menanamkan pikiran positif sebelum ujian dapat membuat kita fokus mengerjakan soal ujian sehingga nantinya akan meraih skor yang bagus juga. Nggak cuman itu, dengan pikiran positif, kamu bisa menghindari overthink agar nggak menghambat kamu buat berpikir jernih saat menjawab soal tes. Daripada punya pikiran yang, “Yah, kayaknya bakal susah banget deh, duh gimana ya ntar harus jawab gimana nih” tapi alangkah baiknya berpikir, “Aku paham kalo soal ujiannya nanti bakal ada yang susah, ada juga gampang. Tapi karena aku udah berusaha yang terbaik juga saat persiapan buat ujian ini, jadi yuk dimaksimalin juga jawabnya. Bisa deh!”

Makan dulu sebelum tes (tapi jangan sampai kekenyangan ya😉)

Apa artinya kekuatan tanpa tenaga, ya nggak, Sob? Ditambah, kamu harus mengisi tenagamu ke mode full charge agar bisa fokus, tenang, nggak gelisah saat mengerjakan tes. Nah, itu dia pentingnya makan, karena cara tubuh kita mengisi kekuatannya adalah salah satunya dengan makan. Walaupun setiap orang berbeda-beda tergantung dari habit masing-masing, ada yang harus makan dulu biar fokus, ada juga yang bisa makan tapi nggak banyak, atau malah ada yang sekadar makan camilan ringan sebelum ujian. Intinya, make sure kalo “amunisi” tenaga di tubuhmu udah cukup buat “berperang” di medan ujian ya. Semangat!

Jangan telat saat ujian

Dilansir dari website resmi IELTS, salah satu tipsnya adalah Be prepared — Double check the time and date of your test. If you are taking the test in a test centre, allow plenty of time to travel to the test centre. Walaupun mungkin terdengar sepele, tapi efek dari telat ini banyak dan berpengaruh banget seperti, kamu jadi nggak relax karena kamu masih berdegup soalnya ngejar waktu buat sampai di tempat tes, kamu jadi nggak bisa fokus karena pikiranmu belum tertata rapi, dan mungkin juga bikin kamu jadi lapar karena tenagamu fokus buat cepat-cepat di jalan dan juga karena kamu panik. Jadi, jangan sampai persiapan IELTS yang udah kamu usahakan sebaik mungkin tapi saat ujiannya malah nggak bisa optimal ngerjainnya. So, DON’T be late!

Sebelum masuk ruang ujian, take a deep breath and relax

Last but not least, masih dilansir dari website yang sama, IELTS, tips selanjutnya untuk test takers saat on the test day, yaitu relax. Moreover, “mode” ini bisa dilakukan dengan cara try to remain calm and if you start to feel worried, take some deep breaths to help you calm down because work calmly can help you focus on questions. Also, don’t rush your answer

source GIF: Pinterest

 

Itu dia ketujuh cara ampuh buat mengurangi nervous saat ujian IELTS. In summary, jangan lupa buat punya good mood sebelum ujian yang mana mood ini bisa kamu buat dengan cara istirahat (juga tidur) yang cukup dan think positively. Buat bisa dapetin kedua hal ini—istirahat yang cukup dan berpikir positif—salah satunya yaitu punya tubuh yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih, dan olahraga. Nah, selanjutnya, kalo kamu akan ujian di test centre jangan sampai telat buat menghindari rasa gugup dan panik. Sehingga, kamu bisa relax. Jangan lupa take a deep breath kalau kamu mulai merasa nervous agar bisa tenang dan fokus buat menjawab soal ujian. 

Anyway, kamu udah punya sertifikat IELTS belum? Atau, udah punya tapi skornnya belum maksimal dan mau meningkatkan agar sesuai target. Nah, tips pertama dari MinSo yaitu ikut kelas persiapan IELTS, Sob! Kamu akan dibantu persiapan oleh expert di IELTSpresso! Jadi, persiapan kamu bisa lebih optimal dari sebelumnya, dan yang terpenting, sangat berpotensi untuk mengurangi nervous ini karena kamu sudah siap untuk ujian😊

Nah, buat belajar IELTS bareng IELTSpresso, kamu bisa cek kelas persiapannya di sini:

IELTS Live Class atau IELTS Bundling Test

Atau, buat kamu yang mau join scholarship mentoring juga bisa cek di sini:

Scholarship Mentoring

Dan, ini untuk proofreading ya:

Essay Proofreading dan Translation

Jangan lupa pantau terus informasi terupdate seputar beasiswa, IELTS, dan study abroad di Blog IELTSpresso! Kamu juga bisa cus ke Instagram dan TikTok IELTSpresso! ✈️ 🎓

🌟 GOOD LUCK 🌟

Artikel Terbaru Lainnya

WeCreativez WhatsApp Support
Customer Support kami siap membantu kamu!
👋 Halo, Jangan ragu bertanya ya